Adiva This Day

Hari ini kembali kami berkegiatan bersama dengan teman-teman di rumah bibi Nada. Sayangnya kami tidak bisa ikut kegiatan awal yang sangat menyenangkan. Yaitu membuat cetakan dari bubur koran dan kertas.

Cetakan koran ini akan dikeringkan dan minggu depan akan diwarnai bersama.

Sesudah mandi hujan, main air keran, dan ganti baju, anak-anak berkegiatan bersama mentrace gambar. Ini untuk melatih membiasakan memegang alat tulis. Ada beberapa gambar yang bisa dipilih. Mobil, roket, kereta, dan burung hantu.

Setiap anak punya caranya sendiri mengerjakan kegiatan ini. Ahsan cepat sekali menyelesaikan gambarnya. Bahkan sebelum semua gambar selesai dibagikan ke semua anak, Ahsan sudah selesai mentrace. Begitu juga dengan Kiran. Cepat sekali mentrace gambarnya. 

Akhtar cukup cepat mentrace gambarnya dan mewarnai seluruhnya dengan warna merah. Alma mendapat gambar kereta yang cukup banyak garisnya. Tapi Alma tidak terlalu rapi mengikuti garisnya, jadi bisa cukup cepat mentrace gambarnya. 


Adiva kebetulan mendapat gambar burung hantu. Dia cukup rapi mengikuti garis dan agak lama mentrace gambarnya. Bahkan setelah hampir semua temannya selesai mentrace dan mewarnai gambarnya, adiva belum selesai mentrace gambarnya.

Sesekali dia mengomentari gambar teman-temannya, dan mengingatkan untuk mentrace mengikuti garis. Adiva memang suka sekali bercerita dan menfkritik, salah satu hobbynya tampaknya.

Ada satu hal yang menarik. Adiva biasanya tidak terlalu suka menggambar di rumah. Mungkin karena kegiatan ini dilakukan bersama-sama, dia bisa lebih senang melakukannya. 

Adiva bisa mengikuti garis dengan cukup rapi. Untuk gambar ini dia memilih banyak warna untuk mewarnai gambarnya. Dan bisa mewarnai di dalam garis juga dengan cukup rapi.

Dari kegiatan ini saya belajar banyak tentang adiva. Tenyata dalam suasana yang kondusif, Adiva bisa sangat konsisten dan tekun dalam melakukan sesuatu. Dan tidak terganggu dengan kegiatan temannya yang lain. Saat semua temannya sudah selesai dan main di luar, dia masih mewarnai dan menyelesaikan gambarnya. Walaupun hasil akhirnya belum seluruhnya tertutup warna, tapi sudah sangat baik. Semoga kemampuannya semakin berkembang bersama-sama dengan teman-temannya.

A very good job today, Adiva…?

Leave a Reply

Required fields are marked*