Belajar di mana saja, kapan saja

Selamat pagi, cuaca hari ini cerah sekali, semoga membuat aktifitas kita semua menjadi lebih bersemangat (baca: bakalan gerah kayanya hari ini). Kiran dan ayahnya sedang bekegiatan di luar nih. Jadi setiap hari Selasa dan Kamis ada pertemuan rutin para praktisi homeschooling anak usia dini bernama Tunas di daerah Tanah Kusir. Tempat tersebut bernama Hikari, tempat teduh dan asri yang pernah di gunakan sebagai TK. Karena pernah menjadi TK, maka di situ ada beberapa permainan seperti perosotan, jungkat-jungkit, dan  Monkey Bar. Pekarangannya pun cukup luas, anak-anak bisa berlarian di tanah yang lumayan lapang.

Pada hari Kamis minggu lalu, kebetulan anak-anak sekolah libur, jadi saya bisa ikut Kiran dan ayahnya datang ke Hikari. Ternyata pengajarnya pada hari itu adalah suami saya sendiri!! (Pantesaaann pagi-pagi repot sendiri :D). Kegiatan di Hikari dimulai dengan perkenalan dengan teman baru, kebetulan ada satu anak yang baru bergabung dengan Tunas. Anak-anak terlihat sangat senang mendapatkan teman baru. Salam dan saling menyapa memang menjadi salah satu kegiatan wajib anak-anak Tunas, agar mereka terbiasa menyapa satu sama lain. Salam pun dilakukan kepada semua orang, tidak hanya antara teman-teman sebaya.

Topik yang sedang diajarkan hari itu adalah bagian-bagian dari pohon, seperti akar, batang, dahan, ranting, dan daun. Anak-anak bereksplorasi, mengamati dan mengobservasi bagian-bagian dari tumbuhan secara langsung. Beruntung Hikari banyak terdapat banyak pepohonan tinggi dan besar, jadi anak-anak bisa memegang dan menyentuh langsung pohon-pohon besar itu. Ada kejadian lucu ketika anak-anak diminta untuk mencari bagian akar dari pohon rambutan. Mereka semua kaget ketika diberitahu kalau akar pohon rambutan itu menyembul dari bawah tanah. Mungkin mereka pikir itu batang biasa hehe. Cara sang guru “mengajarkan” anak-anak balita itu benar-benar menarik dan interaktif; jadi anak-anak  merasa mereka sedang bermain dan belajar. Seru sekali kegiatan mereka!  Jadi kepingin ikutan terus kegiatan Tunas di Hikari hehe.

memegang batang pohon
memegang batang pohon
ini namanya ranting
ini namanya ranting

Setelah itu, anak-anak bersiap untuk makan siang. Tetapi sebelum itu, mereka harus antre untuk mencuci tangan mereka. Para orang tua sudah menyiapkan makanan untuk anak-anak mereka masing-masing di tempat makannya masing-masing. Jadi, semua anak makan sendiri tanpa bantuan orang tua. Sehabis makan, anak-anak mengulas kembali apa yang mereka sudah lakukan dengan riang dan antusias.

Ternyata kegiatan anak-anak homeschooling itu sangat menyenangkan. Mereka sangat aktif dan yang pasti tanpa paksaan melakukan aktifitas di sana. Anak-anak mendapatkan ilmu tanpa harus duduk diam di meja. Untuk saat ini, Kiran mengikuti kegiatan di dua perkumpulan homeschooling, Tunas dan Oase. Para orang tuanya pun sangat open-minded, informatif, berwawasan luas, dan bersahabat. jadi, siapa bilang anak homeschooling itu tidak bersosialisasi dan hanya belajar di rumah? Belajar itu bisa di mana saja dan kapan saja.

anak-anak dan orang tua Tunas
anak-anak dan orang tua Tunas

Oh iya, bagi yang tertarik untuk bergabung, klub Tunas berkegiatan di Hikari daerah Tanah Kusir setiap Selasa & Kamis pukul 10.00 – 12.00. Klub Oase berkegiatan di daerah Cipinang setiap hari Rabu pukul 09.00 – 12.00.

Untuk lokasi Hikari, silakan ketuk tautan berikut ini : Hikari (dengan petunjuk dari Pondok Indah Mall 2)

Untuk lokasi berkegiatan di Klun Oase biasanya bertempat di Rumah Inspirasi.

Posted by Nuni

<p>Ibu satu anak yang telah mengajar di sekolah formal semenjak kuliah dan meninggalkan Sekolah HighScope Indonesia setelah 9 tahun mengajar di sana kemudian memutuskan untuk bertanggung jawab terhadap pendidikan anaknya secara langsung dan menjadi seorang ibu profesional.</p>

Leave a Reply

Required fields are marked*