Reading Time: 1 minute

Minggu lalu Kiran memiliki dua proyek. Proyek pertama adalah proyek bersama mengenai DKI Jakarta dan Kiran mendapatkan bagian untuk mencari informasi mengenai pakaian dan rumah Betawi. Proyek yang kedua adalah proyek pribadi Kiran membuat lapbook mengenai ulat sutra. Dua minggu yang lalu Kiran berkunjung ke Rumah Sutra di Bogor dan belajar secara langsung dari ahlinya.

Sesuai dengan judulnya, saya ingin membagikan pengalaman Kiran melakukan presentasi 2 hari yang lalu dalam perjalanan menuju Bandung. Jika Anda menonton video berikut ini abaikan saja lokasinya karena kami berada di dalam sebuah toko waralaba di Stasiun Gambir. Karena jadwal yang cukup padat, kami banyak berkegiatan di luar baik itu berkaitan dengan keseharian Kiran maupun pekerjaan yang saya lakukan. Oleh karena itu, ketika Kiran menyelesaikan proyek lapbooknya, kami membawa lapbook yang Kiran buat dalam perjalanan kami ke Bandung.

Fleksibilitas dalam melakukan kegiatan belajar Kiran adalah salah satu keuntungan dalam menjalani homeschooling bersama Kiran. Kami dapat melakukan pekerjaan atau kegiatan lainnya tanpa harus mengorbankan kegiatan anggota keluarga lainnya.

Tujuan dari proyek ini sebenarnya adalah untuk melatih Kiran membuat lapbook dengan harapan dirinya terbiasa dengan tahapan yang harus dilakukan dalam membuat lapbook sebagai salah satu model belajar yang bisa dilakukannya.

Ada tiga hal yang menarik perhatian Kiran mengenai ulat sutra: ulatnya, predatornya, dan siklus hidupnya. Kiran membuat gambar-gambarnya secara bertahap kemudian menempelkannya di dalam sebuah map. Kiran menulisi gambar-gambar yang dibuatnya sedangkan judul sampulnya ditulis oleh Nuni. Berikut ini presentasi Kiran mengenai ulat sutra: