Adventure of Human Body

Bertualang di Wahana Adventure of Human Body

Setelah bertualang di Rumah Perubahan beberapa hari yang lalu, sekarang saatnya kami membuktikan ketenaran Bekasi yang sempat heboh menarik perhatian banyak orang di jejaring sosial. Tujuan kami mendatangi Bekasi karena Summarecon Mal Bekasi menawarkan jelajah petualangan mengenai bagian tubuh manusia yang terangkum melalui wahana Adventure of Human Body yang menyajikan replika anatomi bagian tubuh manusia melalui pemanfaatan teknologi visual. 

Kami sudah membuat janji untuk berkegiatan bersama komunitas homeschooling Kerlap (Kelompok Bermain dan Belajar Depok) di sana. Waktu tempuh dari rumah kami ke lokasi yang dituju adalah 40 menit (dengan kondisi lalu lintas yang relatif lancar melalui Jalan Tol JORR).

Brosur Adventure of Human Body
Brosur Adventure of Human Body

Kesan pertama saya ketika keluar pintu Tol Bekasi Barat, sebetulnya tidak ada yang spesial tentang tempat ini, sampai di tengah perjalanan kami melihat sebuah gapura besar berdiri kokoh di atas jalan layang dengan tulisan SUMMARECON BEKASI di atasnya.

Jalan Layang Summarecon Bekasi
Jalan Layang Summarecon Bekasi

Beberapa menit kemudian, kami pun tiba di mal Summarecon Mal Bekasi dan segera meluncur ke lantai satu. Wahana Adventure of Human Body mudah sekali ditemukan karena terdapat beberapa hiasan dinding yang berbentuk tubuh manusia. Setelah menunggu beberapa saat, kami pun bertemu dengan teman-teman KERLAP. Waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 dan tempat sudah secara resmi dibuka. Tetapi sayangnya kami harus menunggu sebentar karena petugas loketnya belum datang sehingga kami tidak bisa membeli tiket supaya bisa masuk.

Setelah petugas loket datang, kami pun segera membeli tiket karena sudah tidak sabar ingin segera memasuki wahana yang berukuran raksasa itu dengan luas area mencapai 800 m2 (sumber: www.malbekasi.com). Singkat cerita, kami pun memasuki pintu masuk melalui mulut patung dan diajak untuk menjelajahi tenggorokan, pita suara, organ jantung, hati, ginjal, pankreas, usus, sistem saraf, hingga ke saluran pembuangan (rektum).

Kami pun segera disambut dengan sebuah tanda yang bertuliskan PITA SUARA. Ketika memasuki bagian PITA SUARA kami harus berjalan melewati katup bergetar yang memotong aliran udara dari paru-paru. Untuk memahami bagaimana cara manusia menghasilkan suara bisa dilihat di sini. Kemudian kami pun berjalan menuju bagian paru-paru.

Adventure of Human Body
Pita Suara

Dengan kondisi cahaya yang redup dan efek suara nafas yang diperdengarkan melalui pengeras suara dengan keras untuk memberikan pengalaman di dalam tubuh, ternyata membuat anak-anak merasa tidak nyaman. Semua anak yang memasuki ruangan ini langsung gelisah karena takut, termasuk Kiran. Saya pun mencoba menenangkan Kiran karena dia meminta untuk segera keluar. Tetapi saya bilang kalau mau keluar harus mengikuti jalan keluar, namanya juga petualangan.

Wahana unik ini mengajak para pengunjung untuk menjelajahi tenggorokan, pita suara, organ jantung, hati, ginjal, pankreas, usus, sistem saraf, hingga ke saluran pembuangan.

Berikut ini dokumentasi kunjungan kami di sana. Saya menampilkan foto-foto secara urut sesuai dengan urutan perjalanan. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba wahana Adventure of Human Body yang berlokasi di lantai 1 Summarecon Mal Bekasi. Wahana ini dibuka setiap hari, mulai tanggal 23 Oktober 2015 sampai dengan 31 Januari 2016 pukul 11.00 WIB – 22.00 WIB. Tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang.

Sekadar informasi dari pengalaman kami kemarin, bagi yang tertarik mengunjungi tempat ini disarankan untuk tidak membawa balita. Suasana gelap, sempit dan efek suara yang diciptakan di dalam wahana tersebut bisa membuat anak-anak ketakutan. Untuk anak balita memasuki wahana ini seperti memasuki rumah hantu 😆 . Sayangnya kami pun tidak begitu menikmati wahana ini karena harus menenangkan anak yang ketakutan.

Untungnya di dalam mal ada area bermain untuk anak-anak sehingga anak-anak bisa bermain dengan seru dan melupakan pengalaman menakutkan yang mereka alami di dalam wahana. Setelah puas bermain kami pun makan siang bersama.

Saya lebih menyarankan wahana ini untuk dikunjungi anak-anak yang sudah atau akan  mempelajari anatomi tubuh supaya bisa memberikan pengalaman belajar yang menghibur dan interaktif melalui pemanfaatan teknologi visual yang ditawarkan.

Di sisi lain, Summarecon Mal Bekasi juga bisa dijadikan tempat alternatif bagi warga Jakarta yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda. Pusat perMal yang dirancang sangat apik, membuat pengunjung sangat nyaman berada di dalamnya. Arena bermain dalam ruangan yang ditempatkan di tengah gedung membuat anak-anak bebas berlarian tanpa khawatir mengganggu pengunjung lainnya karena areanya yang luas. Tempat makan yang bervariasi juga ditawarkan tempat ini, mulai dari tempat makan ala resto cafe sampai dengan model pujasera dengan konsep pembayaran kartu yang sisa saldonya bisa diuangkan kembali. Yang paling penting untuk saya pribadi adalah ketersediaan lahan parkir yang sangat luas.

Saya bukan seseorang yang senang berjalan-jalan di mal atau mudah disenangkan dengan kondisi mal, tetapi mal ini telah memberikan pengalaman yang sangat positif untuk saya dan membuat saya ingin kembali ke sana. Bagi yang tertarik berkunjung ke sana berikut ini alamat lengkapnya :

Jalan Bulevard Ahmad Yani Blok M
Sentra Summarecon Bekasi 17142
Phone: (021) 2957 2888

Panduan dari Jakarta melalui Jalan Tol JORR :

Masuk Jalan Tol JORR kemudian mengarah ke Cikampek. Selanjutnya keluar di Pintu Tol Bekasi Barat. Setelah keluar pintu tol, ikuti jalan yang ada dan belok kiri pada pecahan jalan pertama, Anda akan langsung memasuki Jalan Jenderal Ahmad Yani (Anda tidak akan melihat petunjuk jalan menuju Summarecon Bekasi Mal sampai beberapa saat berada di jalan ini). Lurus saja dan naik flyover yang bertulisan SUMMARECON BEKASI. Selanjutnya Anda akan melewati bundaran dan setelah itu Anda harus berada di lajur jalan paling kanan karena akses masuk mal tidak jauh di depan Anda. Anda akan melihat tulisan MAL dengan tanda panah di jalan untuk mengarahkan Anda memasuki terowongan untuk langsung masuk ke area mal.

Ketuk di sini untuk melihat lokasi di Google Maps 

Posted by Rahdian Saepuloh

Rahdian yang biasa dipanggil Ian adalah seorang swadidik. Kegiatannya saat ini mengelola Language Studies Indonesia, lembaga pendidikan Bahasa Indonesia untuk penutur asing di Jakarta dan menikmati keseharian bersama anak lelakinya yang sedang menjalani pendidikan rumah. Selain itu Ian sangat tertarik dengan teknologi dan perkembangannya.

Lembaga yang dipimpinnya telah mendapatkan penghargaan dari dalam negeri dan luar negeri sejak 2014 sebagai The Best Education Program of The Year serta pengalamannya di dunia bisnis sejak tahun 2007 telah membuat membuat dirinya dijadikan konsultan bisnis untuk membantu beberapa perusahaan startup nasional memulai bisnisnya.

Leave a Reply

Required fields are marked*