Bertugas sebagai Asisten

Kali ini saya ingin membagikan sebuah cerita yang sangat berkesan untuk saya secara pribadi. Kemarin saya diminta untuk menjadi guest speaker di sekolah lama Kiran, tempat di mana Bundanya juga mengajar. Kebetulan di sekolah tersebut sedang ada kegiatan Indonesian Cultural Week yang mana setiap kelas mendapat tugas untuk mempelajari sebuah provinsi di Indonesia. Kelas di mana bunda Kiran mengajar mendapatkan provinsi Jawa Barat. Karena saya berasal dari Jawa Barat, saya dimintai bantuan untuk membagikan informasi tentang Jawa Barat.

Kemudian saya mencoba merancang sebuah presentasi singkat menggunakan PowerPoint dan menyematkan beberapa video dan foto menggunakan animasi sederhana dalam setiap transisi slide. Satu hariĀ  sebelumnya saya meminta Kiran untuk menjadi asisten saya dan dia pun menyetujuinya. Keesokan harinya, sebelum berangkat, saya menyempatkan diri untuk menunjukkan bahan presentasi yang akan saya tampilkan sekaligus menjelaskan tugas dirinya sebagai asisten adalah bertanggung jawab untuk mengontrol tampilan presentasi pada saat saya menjelaskan. Akhirnya kami sepakati sebuah kode untuk memastikan dirinya mengerti jika saya memerlukan perubahan tampilan dari satu slide ke slide berikutnya.

Mengingat Kiran sudah mengenal abjad, saya pun memintanya untuk mencoba mengetik dua kata yang saya perlukan dalam presentasi tersebut, yaitu ‘West Java’. Terlihat dengan jelas bahwa dirinya sudah mulai nyaman untuk membunyikan huruf sambil mengetiknya di atas keyboard. 15 menit pun berlalu dan kami segera mempersiapkan diri.

Wefie sebelum berangkat
Wefie sebelum berangkat

Setelah menempuh perjalanan selama 30 menit, tibalah kami di sekolah tersebut. Kami pun memasuki kelas dan mempersiapkan diri. Ada sebuah pemandangan yang sangat menarik dalam kegiatan ini. Kelas yang diajar oleh Bunda Kiran berisikan banyak teman lama Kiran pada saat Kiran bersekolah dulu di tempat ini selama 2 tahun. Reuni singkat anak-anak pun terjadi ketika anak-anak memanggil nama Kiran di dalam kelas. Laptop pun segera saya keluarkan dari tas dan menempatkan Kiran di posisi yang nyaman supaya dia bisa melihat saya dengan jelas.

Saya pun memulai presentasi dengan bersemangat dan Kiran benar-benar melakukan tugasnya dengan baik. Saya menyaksikan kesungguhannya dalam melakukan tugas yang diberikan kepadanya. Dia memerhatikan apa yang sedang saya kerjakan dan memfokuskan perhatiannya kepada saya bersiap-siap untuk menerima kode yang akan saya berikan kepadanya. Sungguh luar biasa pengalaman ini. Tidak saya sangka Kiran begitu fokus dan menyelesaikan tugasnya sampai akhir selama satu jam, dan dia tidak beranjak dari tempat duduknya kecuali pada saat dia kebelet pipis.

Kiran mampu menunjukkan kedewasaan dirinya dengan menjadi anak yang mandiri mengetahui ayahnya sedang melakukan sebuah pekerjaan dan memahami bahwa dia bisa bertanggung jawab untuk dirinya sendiri. Tidak ada keluhan apalagi rengekan dirinya minta ditemani karena sendirian mengoperasikan komputer. Bahkan beberapa kali mengingatkan saya untuk melanjutkan presentasi karena saya berbicara terlalu lama dan dia tidak bersabar untuk mengoperasikan komputer.

Setelah kegiatan selesai kami pun berfoto bersama.

IMG-20151103-WA0028
IMG-20151103-WA0025
IMG-20151103-WA0024
IMG-20151103-WA0022
IMG-20151103-WA0021
Menunggu Kode diberikan untuk mengoperasikan komputer
IMG-20151103-WA0018
Posted by Rahdian Saepuloh

Rahdian yang biasa dipanggil Ian adalah seorang swadidik. Kegiatannya saat ini mengelola Language Studies Indonesia, lembaga pendidikan Bahasa Indonesia untuk penutur asing di Jakarta dan menikmati keseharian bersama anak lelakinya yang sedang menjalani pendidikan rumah. Selain itu Ian sangat tertarik dengan teknologi dan perkembangannya.

Lembaga yang dipimpinnya telah mendapatkan penghargaan dari dalam negeri dan luar negeri sejak 2014 sebagai The Best Education Program of The Year serta pengalamannya di dunia bisnis sejak tahun 2007 telah membuat membuat dirinya dijadikan konsultan bisnis untuk membantu beberapa perusahaan startup nasional memulai bisnisnya.

Leave a Reply

Required fields are marked*