class dismissed a film about learning outside of the classroom

Film Class Dismissed

Class Dismissed adalah film berdurasi 90 menit. Film ini berkisah tentang sebuah keluarga di Los Angeles yang anak-anaknya merasa tidak puas dengan sistem pendidikan mereka padahal mereka bersekolah di sekolah negeri terbaik di kotanya. Rachel sebagai ibu dari kedua anaknya Ana dan Lily berusaha untuk membantu anak-anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik bagi mereka. Melihat kondisi anak-anaknya yang sudah mulai tidak menikmati proses pendidikannya dan sistem sekolah yang sudah melenceng jauh dari arti pendidikan yang sebenarnya, Rachel memenuhi keinginan anak-anaknya untuk keluar dari sistem pendidikan formal untuk menjalani homeschooling.

Jauh dari harapan anak-anaknya, Rachel yang memiliki informasi terbatas mengenai homeschooling mengalami kesulitan untuk membantu mereka. Dimulai dengan kesalahan umum praktisi pemula homeschooling, Rachel memindahkan rutinitas sekolah ke dalam rumahnya. Selain itu pola pikir Rachel yang belum berubah karena merasa khawatir dengan ketidakmampuannya mengajar anak-anaknya dan ketakutan dirinya memberikan kebebasan kepada anak-anaknya. Semua ketakutan Rachel cukup mewakili pengalaman para praktisi yang baru memulai homeschooling atau yang masih menimbang untuk homeschooling. Melihat ketidakpuasan anak-anaknya, Rachel dan Todd, suaminya berusaha untuk memahami keinginan belajar mereka dengan bertemu praktisi homeschooling lainnya dan mulai mengenal proses deschooling. Masalah lainnya melanda keluarga Rachel ketika mereka mengalami kesulitan keuangan dan memutuskan untuk mengikuti program charter school. Setelah 6 bulan menjalani program charter school, keluarga mereka memutuskan untuk kembali menjalani homeschooling. Kali ini Rachel mulai bisa mengubah pemikirannya dan percaya kepada anak-anaknya bahwa mereka mampu menjalani proses pendidikannya.

Selain berkisah mengenai proses pendidikan keluarga Rachel, terdapat wawancara singkat seputar homeschooling bersama Patrik Farenga rekan sejawat John Holt, Diane Flynn Keith, Laurie A. Couture, Amy Milstein, Blake Boles (Direktur Unschool Adventures), Dale J. Stephens (Pendiri Uncollege), Sandra Dodd (Penulis buku The Big Book of Unschooling). Apakah Anda penasaran dengan cerita selengkapnya? Silakan beli filmnya di sini http://classdismissedmovie.com/see-the-film/buy-the-dvd/ atau jika Anda tinggal di daerah Jakarta dan tertarik untuk menonton film ini bersama-sama silakan tinggalkan pesan di kolom komentar untuk melihat jumlah peminatnya. Berikut ini cuplikan resmi film tersebut:

Posted by Rahdian Saepuloh

Rahdian yang biasa dipanggil Ian adalah seorang swadidik. Kegiatannya saat ini mengelola Language Studies Indonesia, lembaga pendidikan Bahasa Indonesia untuk penutur asing di Jakarta dan menikmati keseharian bersama anak lelakinya yang sedang menjalani pendidikan rumah. Selain itu Ian sangat tertarik dengan teknologi dan perkembangannya.

Lembaga yang dipimpinnya telah mendapatkan penghargaan dari dalam negeri dan luar negeri sejak 2014 sebagai The Best Education Program of The Year serta pengalamannya di dunia bisnis sejak tahun 2007 telah membuat membuat dirinya dijadikan konsultan bisnis untuk membantu beberapa perusahaan startup nasional memulai bisnisnya.

6 Comments

    1. Terima kasih sudah mamoir ke blog kami mbak Fifi. Rencananya Kamis depan mau nobar film ini. Nanti kami informasikan di FB Page Belajar Bersama ya.

    1. Silakan datang hari Kamis, 22 Juni pukul 1 karena akan ada kegiatan nonton bareng film ini. Informasi selengkapnya ada di Facebook page Belajar Bersama.

Leave a Reply

Required fields are marked*