Di termin 1 ini, untuk pelajaran Geografi, Kiran diperkenalkan dengan konsep 8 penjuru mata angin, dan fokus ke 4 arah mata angin saja, yaitu, East, West, South dan North. Kami belajar bersama tentang arah mata angin dengan cara mengamati bayangan. Di pagi hari, ketika menghadap matahari terbit, itulah arah timur, sehingga bayangan akan jatuh ke arah Barat. Dari situ, kita bisa tahu bahwa Utara berada di sebelah kiri arah Timur dan Selatan berada di sebelah kanan dari arah Timur.

Tak hanya itu, untuk pelajaran Geografi, Kiran juga saya bacakan cerita Paddle to the Sea dan Kiran menarasikannya. Buku tersebut menceritakan perjalanan sebuah perahu kano kecil bernama Paddle yang diukir oleh seorang anak laki-laki. Paddle memulai perjalanannya dari Danau Nipigon sampai akhirnya menuju laut lepas. Sepanjang perjalanan menuju ke laut, Paddle melewati banyak bentang alam, habitat, sungai dan danau-danau besar. Meskipun lokasinya di Kanada dan Amerika, Kiran bisa belajar tentang banyak hal yang berhubungan dengan bentang alam.

Untuk ujiannya, saya minta Kiran menjelaskan bagaimana cara menentukan arah mata angin. Dari jawabannya, ia bisa menjelaskan bagaimana cara menentukan arah mata angin dengan cara membacanya di peta ataupun dari arah datangnya sinar matahari.

N: “Kiran, how do you tell the directions on the map?”

K: “it’s easy, just see the picture direction. South is going downward, North is going upward, West is going leftward and East is going Rightward”

N: “What if you are outside and you don’t see the direction sign on the map?”

K: “Just look at the sun, the sun rises in the east and sets in west. If the sun rises on my right, so it’s the east. It means the sun will set on the left, so it is west. North will be on the upward and South will be on the backward”

Mengacu pada panduan pertanyaan ujian dari Ambleside Online, saya juga meminta Kiran untuk menentukan letak Danau Superior, danau terbesar di dunia yang berada di perbatasan Kanada dan Amerika Utara serta letak beberapa negara seperti Korea, Amerika, dan Spanyol. Ia pun bisa dengan mudah menemukan letak danau dan ketiga negara tersebut di peta (kami menggunakan Google Maps).

Sumber gambar: http://3.bp.blogspot.com/-ljjnr-iLnh0/UkeY3yZCRnI/AAAAAAAACZk/yXo4dob6TFc/s1600/paddle.jpg