Ini Tanggung Jawabku, Apa Tanggung Jawabmu?

Selamat datang di website belajar bersama. Saya mau berbagi pengalaman saya selama liburan natal dan tahun baru selama 2 minggu kemarin bersama anak saya Kiran. Syukur alhamdulilah karena profesi yang saya geluti, saya mendapat “privilege” libur lebih lama dari pada pekerja kantoran yang lain hehehe..

Sebelum menceritakan kegiatan selama liburan, saya mau cerita sedikit nih tentang cara kami membiasakan Kiran untuk bertanggung jawab.

Waktu Kiran kira-kira masuk usia 2,5 tahun, kami mulai memperkenalkan Kiran dengan konsep Tanggung Jawab. Hal-hal yang mudah saja, seperti membereskan mainan sendiri, membuka baju sendiri, pakai sepatu sendiri, makan sendiri dan buang sampah pada tempatnya. Meskipun masih banyak iklannya ketika mengerjakan semua itu, tapi pada akhirnya Kiran bisa mengerjakannya sendiri 😉 .

Beranjak 4 tahun, saya dan suami saya membiasakan kiran untuk melakukan tanggung jawabnya “sedikit” lebih banyak. Di rumah kami menyebutnya “4 Simple Steps” (mirip-mirip dengan three simple steps-nya Spesial Agent Oso yang di Disney Junior itu). Kalau mengingatkan Kiran saya malah nyanyiin lagu Special Agent Oso itu, Cuma liriknya saya ganti jadi 4 simple steps hehe.

Liriknya kira-kira begini: *Sing with the tune of Special Agent Oso*

4 simple steps, that’s all you need

4 simple steps, and you’ll succeed

Your special assignments starting now, 4 simple steps will show you how

Step 1: You wake up

Step 2 : You make your bed

Step 3: You take a bath

Step 4: You have breakfast

4 simple steps, that’s what you do, you follow 4 simple steps..

Biasanya kalau saya nyanyi lagu ini setiap pagi, ayahnya kiran ikutan jadi backing vocal. Kiran kadang senyam senyum saja, kadang ikutan joget-joget :). But it works. Kiran malah senang sekali membereskan kasurnya dan bakalan marah kalau ayahnya bikin berantakan lagi hehe. Sehabis mandi Kiran makan dan membawa piringnya ke tempat cuci piring. Belum kami tambahkan cuci piring ke daftar tanggung jawab soalnya ketinggian tempat cuci piringnya untuk Kiran.

Saya dan suami saya percaya kalau anak diperkenalkan dengan tanggung jawab sedari dini, maka Insya Allah anak akan tumbuh menjadi orang yang akan selalu ingat dengan tanggung jawabnya. Saya yakin setiap keluarga punya caranya masing-masing untuk mengajarkan anak untuk bertanggung jawab. Dan begitu cara kami belajar bersama untuk bertanggung jawab di rumah.

Semoga bisa menginspirasi 🙂

Oh iya, untuk yang mau tahu lagu Special Agent Oso seperti apa, ini saya berikan videonya:

Posted by Nuni

Ibu satu anak yang telah mengajar di sekolah formal semenjak kuliah dan meninggalkan Sekolah HighScope Indonesia setelah 9 tahun mengajar di sana kemudian memutuskan untuk bertanggung jawab terhadap pendidikan anaknya secara langsung dan menjadi seorang ibu profesional.

Leave a Reply

Required fields are marked*