Persiapan Tribuds 2017

Beberapa bulan ini, Kiran suka sekali bermain sepeda. Bulan Desember saya menerima informasi di Facebook mengenai kegiatan Triathlon Buddies 2017 yang akan diadakan pada tanggal 4 Februari 2017 di The Springs Club, Serpong. Acara ini adalah perayaan hari jadi Triathlon Buddies yang kelima dengan mengadakan triathlon untuk anak-anak dan dewasa. Kemudian saya beritahukan kepada Kiran apakah berminta mengikuti kegiatan tersebut. Karena belum pernah mendengar kata ‘triathlon’ akhirnya kami berselancar di dunia maya dan melihat beberapa video di Youtube mengenai triathlon yang membuat Kiran tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Sejak sebulan terakhir, kami menambahkan rutinitas baru di pagi hari, yaitu bermain sepeda. Terlihat motivasi yang menggelora dari Kiran ketika setiap malam yang biasanya tidur harus disuruh, belakangan ini Kiran tidur tepat waktu tanpa harus disuruh karena ingin segera pagi dan bermain sepeda. Setiap pagi saya dan Nuni bergiliran menemani Kiran bersepeda mengelilingi gang di sekitar tempat tinggal sampai akhirnya Kiran mengenali gang-gang kecil di sekitar tempat tinggal. Setiap bangun tidur yang pertama dikatakan oleh Kiran adalah “Ayah, lets ride bicycle. I need to practise for triathlon”.

Hari Sabtu kemarin, ada kegiatan trial untuk menyiapkan anak-anak sebelum pelaksanaan kegiatan pada awal Februari nanti. Kami tiba di lokasi pukul setengah enam pagi lengkap dengan peralatan yang diperlukan. Kiran terlihat sangat mengantuk sekaligus antusias ingin segera berkegiatan. Ketika kami tiba di lokasi, Kiran sempat minder karena tidak ada anak yang dikenalnya. Ketika sedang berbaris, Kiran melihat seorang anak dan berteriak “Hey, Ben!”┬ádan terlihat senang bertemu teman kelas taekwondonya di RG. Setelah menerima pengarahan dari kakak pendamping, semua anak pun mulai berkegiatan diawali dengan berenang sejauh 50 meter, bersepeda sejauh 2,4 kilometer dan diakhiri dengan berlari 800 meter.

Dari persiapan ini kami bisa mengantisipasi hal-hal apa saja yang Kiran harus persiapkan untuk kegiatan sebenarnya nanti. Kiran sempat terjatuh dan lecet-lecet di bagian tangan dan kaki ketika sedang berlari karena tidak fokus dan menyenggol kakak pendamping yang sedang berlari juga sehingga Kiran harus mencium aspal. Kami mencoba menekankan kepada Kiran arti dari sebuah kemenangan dan kompetisi. Tidak bosan-bosan kami ingatkan bahwa menjadi nomor satu bukan berarti menjadi pemenang. Menyelesaikan perlombaan dengan jujur dan berusaha sepenuh hati itulah arti dari sebuah kemenangan.

Informasi tambahan: kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kategori :

NEWBIE: orang dewasa (berenang 500 meter, bersepeda 22 kilometer, berlari 5 kilometer)

KIDS A: usia 5-7 tahun (berenang 50 meter, bersepeda 2,4 kilometer, berlari 800 meter)

KIDS B: usia 8-10 tahun (berenang 100 meter, bersepeda 4,8 kilometer, berlari 1,5 kilometer)

KIDS C: usia 11-13 tahun (berenang 200 meter, bersepeda 7,5 kilometer, berlari 3,1 kilometer)

KIDS D: usia 14-16 tahun (berenang 400 meter, bersepeda 11 kilometer, berlari 4,1 kilometer)

FAST KIDS COURSE: 11-16 tahun (berenang 400 meter, bersepeda 14,8 kilometer, berlari 5 kilometer)

Untuk informasi lebih lanjut bisa ketuk tautan berikut ini: http://triathlonbuddies.com/

Posted by Rahdian Saepuloh

<p>Rahdian yang biasa dipanggil Ian adalah seorang swadidik. Kegiatannya saat ini mengelola Language Studies Indonesia, lembaga pendidikan Bahasa Indonesia untuk penutur asing di Jakarta dan menikmati keseharian bersama anak lelakinya yang sedang menjalani pendidikan rumah. Selain itu Ian sangat tertarik dengan teknologi dan perkembangannya.</p>
<p>Lembaga yang dipimpinnya telah mendapatkan penghargaan dari dalam negeri dan luar negeri sejak 2014 sebagai The Best Education Program of The Year serta pengalamannya di dunia bisnis sejak tahun 2007 telah membuat membuat dirinya dijadikan konsultan bisnis untuk membantu beberapa perusahaan startup nasional memulai bisnisnya.</p>

Leave a Reply

Required fields are marked*