Going to The Doctor – Reading B4

Kiran sudah mulai menunjukkan ketertarikan dan konsisten dengan kegiatan membacanya yang sudah berlangsung selama dua minggu. Kegiatan ini Kiran lakukan setelah menyelesaikan 4 simple stepnya. Dulu kegiatan membaca mandiri ini masih terjadi secara spontan ketika Kiran merasa ingin melakukannya atau ketika kami melakukan DEAR time (Drop Everything And Read). 

Sayangnya kegiatan ini tidak kami dokumentasikan dari awal karena kami mengira Kiran belum konsisten melakukannya. Tetapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, betul? Kebetulan juga pada kegiatan hari Selasa lalu, kami mulai mencatat perkembangan anak-anak ketika berkegiatan bersama dengan membuatkan anecdotal record (catatan anekdot) per anak ketika mempresentasikan hasil karyanya kepada kami.

http://belajarbersama.com/ini-tanggung-jawabku-apa-tanggung-jawabmu/

Berikut ini hasil pengamatan saya hari ini:

Setelah menyelesaikan rutinitasnya di pagi hari, Kiran mengambil buku Going to The Doctor (B4). Kiran sudah mulai mengenali silent ‘e’ seperti pada kata ‘shake” dan ‘brave’. Kiran masih harus diingatkan membunyikan abjad dan menggabungkannya ketika menemui kata baru seperti ‘nurse’ dan ‘crying’ 

Kiran masih membaca huruf ‘b’ sebagai huruf ‘d’. Begitu pula dengan kata ‘want’ yang dibaca dengan pelafalan yang sama seperti pada kata ‘went’.

Setelah selesai membaca bukunya, Kiran saya suruh menceritakan kembali dan berikut kutipannya:

Sam going to the doctor. Sam goes to the doctor because he is sick. He is flu. And he is brave. The bear make him brave. Sam huges the bear so Sam is brave.

Kiran sudah menunjukkan konsistensinya dalam kegiatan membaca secara mandiri. Situasi ini menunjukkan kesiapannya untuk belajar membaca sendiri. Kiran masih memerlukan bantuan dan motivasi ketika menemukan kata baru.

Berdasarkan buku yang dibacanya hari ini, Kiran sudah

  • bisa melafalkan initial consonant blend seperti pada kata brave” dan bring’
  • menggunakan high frequency word  ‘to’ di dalam buku ini, dan
  • bisa melafalkan long vowel a_e seperti pada kata ‘shake dan ‘brave‘.
Posted by Rahdian Saepuloh

Rahdian yang biasa dipanggil Ian adalah seorang swadidik. Kegiatannya saat ini mengelola Language Studies Indonesia, lembaga pendidikan Bahasa Indonesia untuk penutur asing di Jakarta dan menikmati keseharian bersama anak lelakinya yang sedang menjalani pendidikan rumah. Selain itu Ian sangat tertarik dengan teknologi dan perkembangannya.

Lembaga yang dipimpinnya telah mendapatkan penghargaan dari dalam negeri dan luar negeri sejak 2014 sebagai The Best Education Program of The Year serta pengalamannya di dunia bisnis sejak tahun 2007 telah membuat membuat dirinya dijadikan konsultan bisnis untuk membantu beberapa perusahaan startup nasional memulai bisnisnya.

Leave a Reply

Required fields are marked*