Sam Starts School – Reading B5

Sam Starts School

Berikut ini adalah catatan anekdot Kiran untuk kegiatan membaca buku yang berjudul Sam Starts School:

Buku ini bertemakan sekolah. Kiran mengenal kata-kata yang berkaitan dengan tema seperti, school, teacher, food, homework, children, dan lunch.

Kiran masih melafalkan kata ‘want’ sama dengan pelafalan pada kata ‘went’. Kiran mengalami kesulitan untuk melafalkan kata ‘my’ karena Kiran mengenal huruf ‘y’ di akhir kata sebagai bunyi ‘i’ sehingga melafalkannya seperti pada kata ‘me’.

Sam Starts School

Kiran sempat terhenti tetapi mampu melanjutkan bacaannya setelah membunyikan huruf-hurufnya ketika menemui kata-kata berikut: teacher, nobody, really, other, given, dan ever.

Berdasarkan buku yang dibacanya hari ini, Kiran sudah 

  • bisa melafalkan long vowel i_e seperti pada kata like, likes, dan nice
  • bisa melafalkan long vowel o_e seperti pada kata homework dan home
  • menggunakan high frequency words ‘don’t’, ‘like’, dan ‘say’

Setelah selesai membaca buku, Kiran dapat menjelaskan perasaan Sam sebelum memasuki sekolahnya dan setelah selesai sekolah.

First Sam was afraid to go to school, but later he likes it.

Posted by Rahdian Saepuloh

<p>Rahdian yang biasa dipanggil Ian adalah seorang swadidik. Kegiatannya saat ini mengelola Language Studies Indonesia, lembaga pendidikan Bahasa Indonesia untuk penutur asing di Jakarta dan menikmati keseharian bersama anak lelakinya yang sedang menjalani pendidikan rumah. Selain itu Ian sangat tertarik dengan teknologi dan perkembangannya.</p>
<p>Lembaga yang dipimpinnya telah mendapatkan penghargaan dari dalam negeri dan luar negeri sejak 2014 sebagai The Best Education Program of The Year serta pengalamannya di dunia bisnis sejak tahun 2007 telah membuat membuat dirinya dijadikan konsultan bisnis untuk membantu beberapa perusahaan startup nasional memulai bisnisnya.</p>

Leave a Reply

Required fields are marked*