Membaca adalah salah satu dari tiga ujian termin 1 yang Kiran lakukan di hari pertama ini. Sebelum menggunakan metode CM, Kiran memang sudah saya biasakan membaca satu lembar satu hari, buku bertulisan pendek dalam Bahasa Inggris. Karena sudah terbiasa membaca dalam Bahasa Inggris, Kiran seringkali menolak untuk membaca dalam Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, setelah masuk ke tahun pertama menggunakan kurikulum AO, membaca buku dalam Bahasa Indonesia yang menjadi prioritas kami dan menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari sebagai salah satu latihan berbahasa Indonesia bagi Kiran.

Buku pertama yang Kiran baca berjudul Franklin dan Pengasuhnya. Ketika membaca buku ini, Kiran memulainya dengan membaca dua kalimat saja. Saya memulainya dengan porsi kecil dulu, yang penting anaknya nyaman dengan kebiasaan barunya. Ketika membaca buku ini, Kiran kesulitan membaca kata berakhiran -ng dan -ny, seperti ‘memotong-motong’ dan ‘menyempatkan’. Buku selanjutnya yang Kiran baca adalah cerita berseri dwibahasa Little House, Musim Dingin di Rimba Besar. Untuk buku kedua ini, saya dan Kiran membuat perjanjian untuk membaca satu lembar setiap hari. Jadi sekali membaca, Kiran membaca dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Buku ketiga yang dibaca adalah Musim Dingin di Peternakan, yang penulisannya masih dalam dua bahasa.
Untuk Ujian membaca, Kiran memilih untuk membaca Buku Musim Dingin di Rimba Besar. Ketika membaca salah satu lembar yang dipilih, Kiran tidak mengalami kesulitan untuk membaca semua kata-kata Bahasa Indonesia di buku tersebut. Begitu pula ketika membaca tulisan berbahasa Inggris. Untuk termin depan, saya masih akan menggunakan buku Little House Series untuk pelajaran membaca Kiran.