Treasure Hunt ala Belajar Bersama

Yes,  kembali lagi ke rutinas kegiatan belajar bersama kami. Ehmm . . . edisi yang kedua kali ini bertemakan mencari benda dengan membaca peta sebagai petunjuknya (treasure hunt), dan seperti biasa pula emak-emak rempong selalu mendadak dangdut (satu hari menjelang kegiatan) untuk menyiapkan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dan jreng jreng, dalam sekejap semua orangtua dengan cepat melengkapi list bawaan masing-masing keluarga.

Pas di hari H-nya, pagi-pagi Paman Ian baru memberikan ide tambahan untuk tata laksana aturan bermain dan intruksi buat anak-anak di awal perjumpaan . . . ahh makin lengkap deh susunan acara hari ini dari persiapan gambar lokasi denah rumah Bibi Nada, pengelompokan anak-anak, pembagian barang-barang yang dibawa dari dapur masing-masing sampai tata laksana di kegiatan lapangan. Oh iya, rasa rasanya kali ini ada sedikit bagaimana gitu deh ehmm apa ya?!? .. sepertinya ada yang berbeda dengan mereka, ehm tambah gantengkah dan cantikkah oohh itu sudah pasti #PD beratt hahaha . . . Ehmm apa ya sepertinya kalau diperhatikan anak anak sudah mulai terlihat agak tenang, bisa menyimak dengan baik (jadi sudah bisa duduk agak lamaan dikiittlah lumayan) karena biasanya cepet banget kocar kacir konsentrasinya maklum anak-anak usia. Apa mungkin pengaruh juga ya karena mereka sudah mulai kami buat rutin waktu pertemuannya seminggu sekali yang wajib di hari selasa jadi sudah tidak terlalu meledak-ledak kalau mereka berjumpa.

Acarapun dimulai dengan anak-anak bercerita di depan teman-temannya tentang hal-hal yang mengesankan dirinya supaya mereka berani tampil dan berbicara di depan banyak orang. Akhsan (6 tahun) bercerita tentang kegemarannya dengan game PSE, Athala (5 tahun) menceritakan pengalamannya berlibur ke Puncak minggu lalu, Kiran (6 tahun) bercerita tentang mobil kesukaannya dari film yang ditontonnya.

Lalu Paman Ian menjelaskan kegiatan selanjutnya dan aturan bermain untuk anak-anak. Anak-anak pun dibagi menjadi 2 kelompok, Vegetables dan Fruits. Kelompok Vegetables (Akhsan, Adiva, dan Athala) harus mencari sawi, wortel, toge dan brokoli dan kelompok Fruits (Kiran, Alma, Akhtar, dan Maji) mereka mencari pisang, anggur, jeruk dan belimbing. Mereka harus mencari barang-barang tersebut yang telah disembunyikan dan disebar di pekarangan rumah.

Oke saatnya beraksi dan mulailah mereka mencari barang-barang tersebut dengan semangat dan ceria. Kami senyum-senyum ketika melihat mereka celingukan mencari ke sana kemari dan sepertinya memang masih harus didampingi yaa selama pencarian berlangsung karena buat anak anak kebingungan membaca peta. Di saat mereka menemukan barang yang dicari satu persatu, wajah mereka riang banget ekspresinya keliatan bangga sekali kayak habis menemukan harta karun bongkahan emas yang terpendam #agak lebay.

Dengan wajah serius, di bawah teriknya matahari anak-anak menjadi tegang dan terasa dag dig dug karena masih kurang satu barang lagi yang belum ditemukan..“ayoo tidak boleh menyerah yuk kita liat lagi petanya” begitu semangat dari para orang tua. Setelah mencari-cari dan yeayyyy . . . mereka berhasil menemukannya dan menyelesaikan permainan hari ini dengan rasa terpuaskan.

Setelah pencarian selesai kembali paman Ian mengumpulkan mereka untuk mereview kegiatan tadi apakah menyenangkan atau tidak, apa yang  tadi sulit dicari, dan ternyata mereka sangat menyukai kegiatan tadi sampai mau mengulang lagi…hahaha  next week ya, good job kiddos we proud of you.

Leave a Reply

Required fields are marked*